Wednesday 29 October 2008

Mikrotik, Apaan seh itu..?

Mungkin buat pemula seperti saya dan beberapa orang rekan yang cukup awam dengan barang aneh seperti mikrotik akan punya beberapa pertanyaan yang aneh juga. Seperti "Bisa gak seh mikrotik dijalanin di windows...?", nah biar gak tambah aneh pertanyaannya coba simak tulisan berikut ini.

Mikrotik adalah sebuah produk dari sebuah perusahaan IT, yang memproduksi software untuk membuat router yang handal dan tangguh serta lengkap dengan filtur-filtur selayaknya router, juga memproduksi hardware seperti wireless radio dan ethernet card. Pada kesempatan kali saya akan memberikan langkah-langkah install mikrotik router Os pada sebuah PC


spec minimal nya :

* CPU and motherboard - bisa pake P1 ampe P4, AMD, cyrix asal yang bukan multi-prosesor

* RAM - minimum 32 MiB, maximum 1 GiB; 64 MiB atau lebih sangat dianjurkan, kalau mau sekalian dibuat proxy , dianjurkan 1GB... perbandingannya, 15MB di memori ada 1GB di proxy..

* HDD minimal 128MB parallel ATA atau Compact Flash, tidak dianjurkan menggunakan UFD, SCSI, apa lagi S-ATA Very Happy

*NIC 10/100 atau 100/1000


Untuk keperluan beban yang besar ( network yang kompleks, routing yang rumit dll) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan resource PC yang memadai.

Meskipun demikian Mikrotik bukanlah free software, artinya kita harus membeli licensi terhadap segala fasiltas yang disediakan. Free trial hanya untuk 24 jam saja.

Kita bisa membeli software mikrotik dalam bentuk CD yang diinstall pada Hard disk atau disk on module (DOM). Jika kita membeli DOM tidak perlu install tetapi tinggal menancapkan DOM pada slot IDE PC kita.

1. Booting komputer dengan first boot device CD-ROM
2. Setelah proses booting akan muncul menu pilihan software yang mau di install, pilih sesuai kebutuhan yang akan direncanakan
3. Ketik “ i “ setelah selesai memilih software, lalu akan menu pilihan seperti ini :

* Do you want to keep old configuration ? [y/n] ketik Y
* Continue ? [y/n] ketik Y

Setelah itu proses installasi system dimulai, disini kita tidak perlu membuat partisi hardisk karena secara otomatis dia akan membuat partisi sendiri

4. Setelah proses installasi selesai maka kita akan di minta untuk merestart system, tekan enter untuk merestart system

5. Setelah computer booting kembali ke system mikrotik, akan ada pilihan untuk melakukan check system disk, tekan “ y “
Setelah itu akan muncul menu login:

* user=admin
* password=(kosong enter saja)

6. Untuk software license tekan “ y “ . Lalu enter beberapa kali sampai muncul prompt untuk command line

Selesai sudah cara install Mikrotik Router Os pada PC anda setelah itu anda tingal konfigurasi systemnya agar menjadi router yang tangguh dan handal.

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “Mikrotik, Apaan seh itu..?”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...