Tuesday 17 November 2009

8 Macam Type (Karakter) Blogger

Type Blogger

Hampir setiap hari ratusan blog baru lahir dan meramaikan suasana blogging. Setiap blogger berusaha untuk menarik perhatian pembaca melalui tulisan unik yang mereka ciptakan. Dengan sekian banyak blogger, namun ternyata terdapat karakter-karakter khusus yang dapat dijadikan sebagai ciri/type untuk mengkategorikan sang blogger. Sedikitnya ada 8 Macam Karakter Blogger yang dapat disebutkan, yaitu :

#1 - The Tour Guide / Pemandu Wisata

Karakter "Tour Guide" atau pemandu wisata adalah blogger yang tidak menghasilkan banyak konten asli. Sebaliknya, ia mengais hal-hal yang menurutnya terbaik dari web pada topik tertentu dan meletakkannya di satu tempat.


#2 – The Guru / Sang Ahli

Karakter The Guru adalah blogger yang memiliki keahlian tinggi pada suatu hal/topik yang menarik. Orang-orang akan berduyun-duyun datang ke blog ini karena mereka ingin mengetahui sesuatu yang awam dan ingin mendapatkannya dari seseorang yang memang berkompeten.

#3 – The PR Puppet / Boneka PageRank

Apakah Anda pernah membaca sebuah blog di mana isi/content pada blog tersebut hanya tentang produk tertentu? Boneka PR beraksi lagi! Jenis blogger seperti ini hanya mengisi blog-nya dengan mengangkat bagian-bagian besar siaran pers tanpa menambahkan banyak analisa, dengan tujuan mendapatkan pengunjung yang melimpah dan meningkatkan pagerank.

#4 – The Contender / Para Pesaing

"Para Pesaing" adalah blogger baru yang ingin sukses secara instan. Dia mungkin baru di blogosphere atau baru pada topik khusus. Terbukti tapi ditentukan, Contender telah melangkahkan kakinya menuju puncak dan terus mengharap hasil. Risiko terbesar ke type Pesaing ini adalah bahwa dia akan kehilangan fokus atau menyerah sebelum orang-orang menangkap pada apa yang ditawarkannya.

#5 – The Repeater / Pengulang

Blogosphere sering dicirikan sebagai "ruang gema" sebuah tempat di mana sedikit hal yang diciptakan dan banyak yang hanya diulang. The Repeater's blog memiliki banyak konten atau echos-komentar yang berasal dari blog lain, berita atau hot trend tanpa sintesis atau tanpa nilai tambah. Copy Paste banged!

#6 – The Anti-Socialite

Beberapa blogger pelit dengan link. Lainnya tidak mengerti bahwa berkomentar dan berinteraksi dengan masyarakat dapat memperkaya dan menigkatkan produktifitas. Anti-Socialite hadir (atau pura-pura hadir) dalam sebuah fatamorgana. Dia tidak peduli siapa yang membaca atau berkomentar. Dia tidak menghargai tempatnya di blogosphere. Dia mungkin juga punya realitas sosial yang buruk.

#7 – The Reviewer / Pengulas

The Reviewer suka mengungkapkan pendapatnya. Apakah itu produk baru atau website, Dia juga akan memberikan pendapatnya tentang topik aktual dalam masyarakat. Sesuatu yang kontroversial? Sesuatu yang inovatif? Anda dapat menjadi Reviewer bila mempunyai sesuatu untuk dikatakan.

#8 – The Navel Gazer / Narsis Abiiess

The Navel Gazer adalah semua tentang satu hal: dirinya sendiri! Pembaca akan terkutuk, seolah-olah pemilik blog berkata seperti ini ; "Ini adalah blog saya dan saya akan menulis tentang apa pun yang menarik bagi saya!". Anda telah menemukan sebuah Navel Gazer jika Anda membaca blog dan anda tidak mendapatkan apa-apa dari selain kata-kata "Aku", "saya" dan "saya" dan kata-kata itu lebih umum daripada "Anda" dan "Anda". Kadang-kadang Navel Gazers yang menghibur, tapi biasanya justru malah memuakkan. Secara pribadi, saya berharap menjadi sedikit Tour Guide dan sedikit Contender, bagaimana dengan anda? Mana dari 8 karakter blogger yang Anda inginkan?

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “8 Macam Type (Karakter) Blogger”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...