Sunday 28 March 2010

10 Hal Penting Bagi Desainer Web


Kadang kala keindahan suatu web bukanlah hal yang terpenting, begitu pula jika sang desainer memiliki banyak keterbatasan, namun seperti kata pepatah ; Tak ada rotan akar pun jadi.

Dan memang tak sedikit desainer web yang tak mengerjakan web-nya secara mandiri 100%, banyak elemen dan materi yang sesungguhnya tak perlu dibuat dari nol. Begitu pula dengan inspirasi, inspirasi design bisa saja muncul ketika melihat hasil desainer web lain. Dan tentunya ini bukanlah sesuatu yang tabu.

Mashable.com belum lama ini mewancarai para desainer web terkemuka dan berikut ini beberapa hal penting yang bisa mempermudah kerja para desainer web. Bila anda seorang desainer web, tentunya anda akan bahagia setelah mengetahui hal ini.

1. Core Application Alternative.

inkscape

Tentunya anda tak asing dengan Photoshop, CorelDraw, atau juga Illustrator, bahkan mungkin anda mahir menggunakannya. Tapi tahukah anda bahwa harga software-software tersebut cukup mahal...? Bila anda baru tahu tentang hal ini, dapat saya pastikan Photoshop yang anda gunakan saat ini adalah bajakan..! (Huehuheu).

Tapi jangan berkecil hati dulu, seperti pepatah yang saya kutip diatas. "tak ada rotan akar pun jadi", di luaran sana terdapat banyak aplikasi design grafis yang gratis, hanya saja mungkin anda kurang familiar dengannya.

Alex Mathers, desainer freelance merekomendasikan GIMP dan Inkscape sebagai alternative, dan yang menggembirakan adalah keduanya dapat anda miliki dan pergunakan tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

2. Komunitas Desain

komunitas desain

Bagi para freelancer, komunitas adalah sekolahan. Komunitas bagi mereka adalah tempat pembelajaran, dan anda tak perlu beranjak dari tempat duduk anda untuk dapat bergabung dengan komunitas-komunitas tersebut. Ada banyak komunitas online bagi para desainer web dan grafis.

Society6, Behance, This is Central Station, Creattica, Design Taxi dan Deviantart adalah sedikit dari banyaknya komunitas online bagi para desainer web dan grafis. Tak hanya untuk belajar, didalam komunitas tersebut kita bisa juga memajang portofolio dan mencari rekan untuk diajak bekerjasama.

3. Design Element Resources

element design resource

Nah ini dia yang bikin kerja para desainer jadi lebih ringan. Banyak web yang menyediakan element desain baik secara gratis ataupun berbayar, mereka menawarkan tekstur, huruf, illustrasi dan elemen grafis lainnya.

Ini benar-benar membuat anda seperti seorang desainer profesional, dan tentunya menghemat waktu dan tenaga anda. Diantara banyaknya web yang menyediakan resources grIConafis mungkin anda harus mampir ke Dezignus, Colourlovers, Dafont.com, serta pula Deviantart.

4. Iconfinder

iconfinder

Iconfinder memberikan kepada anda beragam icon yang mungkin anda butuhkan dalam membangun sebuah website. Baik icon-icon resmi maupun icon hasil kreasi yang jauh lebih keren ketimbang icon resminya.

Daripada anda membuat beberapa icon baru hanya untuk mencari bentuk dan warna yang sesuai dengan tema umum web anda, akan lebih baik bila anda mencarinya di Iconfinder.

5. Mockflow

mockflow

Mockflow adalah adalah perangkat serbaguna yang memungkin anda dengan cepat membuat protipe situs web tanpa investasi yang besar. Ada juga kolaborasi realtime dan fitur pencatatan pada platformnya.

Selain aplikasi, perangkat lain yang direkomendasikan adalah Mockingbird.

6. Notable

notable

Sering kali kita mendapat umpan balik dari mitra kerja melalui surat elektronik. Aplikasi ini dibuat untuk memungkinkan kolaborasi secara cepat dan mudah.

7. Campaign Monitor

Campaign monitor

Campaign monitor adalah aplikasi e-mail pemasaran yang intuitif bagi para desainer. Aplikasi ini memiliki perangkat yang baik untuk merancang e-mail dalam versi HTML. Dengan perangkat ini para desainer dapat memperluas pemasaran hasil karyanya dengan lebih mudah dan singkat.

8. Proposable

proposable

Desainer profesional banyak menekankan pada keahlian menjual secara online. Proposable, sebuah perangkat online yang memungkinkan membangun portofolio yang customized. Sebuah akun Proposable mampu menggabungkan aset seperti video, berbagai tampilan template, dan sistem pengelolaan komentar secara real-time untuk mendapatkan umpan balik.

9. Freshbooks

freshbooks

Gube, seorang desainer profesional, menggunakan Freshbooks untuk mengetahui pengeluaran, mengelola pembayaran serta menghasilkan faktur secara cepat dan mudah. "Ada banyak alat penagihan, tapi yang satu ini menonjol karena melayani freelancer", katanya.

10. 960 Grid System

960 grid

Aplikasi 960 Grid System adalah cara yang baik untuk memetakan elemen halaman web atau blog sehingga harmonis. "Saya menggunakan Sketch Seets beserta aplikasi ini utnuk menampilkan bingkai dan garis-garis grid", kata Smith.

Memang 960 Grid System memberikan contoh bagaimana sistem bekerja dengan sejumlah situs dan menawarkan kekayaan kode lain yang berhubungan dengan sumber daya untuk desainer web.

One response to “10 Hal Penting Bagi Desainer Web”

FindIcons.com said...

I justed wanted to suggest a new and better icon search engine, FindIcons.com, which has larger icon collection and complete search filters.

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...