Tuesday 23 March 2010

Tips Memilih Web Hosting


Hosting yang baik sangat penting untuk setiap situs web. Mereka adalah dasar dari situs Web Anda, brand Anda dan bisnis Anda. Downtime server sekecili apapun dapat berpotensi merusak dan menghancurkan segala yang telah berkembang selama bertahun-tahun. Jika anda serius tentang situs web Anda, Anda perlu memastikan bahwa mereka berada di tangan yang baik.

Akhir-akhir ini sangat sulit untuk memilih perusahaan web hosting terutama saat kita kewalahan oleh banyaknya promosi yang menggoda. Jika anda sedang mencari sebuah layanan web hosting yang berkualitas, berikut ini adalah sedikit panduan dari kiosdigital untuk anda sebelum anda tergoda oleh promosi dan penawaran yang menipu.

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk membuat anda lebih cerdas dalam memilih layanan web hosting.


1. Tipu muslihat "Domain Gratis".

Domain gratis akan selalu terdengar menggiurkan, namun berikut ini adalah beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan sebelum menyetujui domain gratis yang ditawarkan.

  • Siapa yang memiliki domain? Domain adalah bebas, namun perusahaan hosting mempertahankan kepemilikan. Apa artinya? Anda juga terjebak dengan perusahaan selamanya atau Anda perlu membayar jumlah yang besar dan kuat untuk membeli domain kembali.
  • Bagaimana dengan pembaharuan beberapa tahun berikutnya ? Tahun pertama gratis tetapi ketika Anda ingin memperbarui, mereka akan menagih $ 19,95 + untuk pembaharuan. Itu seperti 200% mark-up atas rata-rata biaya nama domain.

Lebih baik untuk mengajukan pertanyaan selama proses penelitian untuk mengetahui siapa yang akan memiliki domain dan juga memastikan bahwa standar biaya biaya pembaruan dapat diterima.

2. Pisahkan Domain dan Hosting.

Nama domain tidak harus terdaftar di perusahaan yang sama. Jangan membawa kita ke arah yang salah, kita tidak menyiratkan bahwa web hosting anda saat ini tidak terpercaya, melainkan lebih tentang pencarian yang dapat diandalkan dan terpercaya dari awal. Bagaimanapun, nama domain adalah identitas online Anda, yang paling mahal dan tak tergantikan, layanan hosting hanyalah aset sementara ada untuk menampung situs web. Anda mungkin tidak setuju dengan pilihan memisahkan antara domain dengan hosting pada dua perusahaan berbeda.

Tentu saja, perusahaan web-hosting akan lebih memilih domain Anda terdaftar dengan mereka, karena hal itu merupakan pendapatan yang menguntungkan. Namun, perlu dipertimbangkan bila suatu ketika perusahaan tersebut bangkrut dan tentunya anda tidak hanya akan kehilangan file dan data anda, melainkan juga domain anda. Oleh karena itu kami sarankan untuk memisahkan domain dan hosting pada dua perusahaan berbeda.

3. Baca Persyaratan tentang Bandwidth dan Disk spaces.

Bandwidth dan disk space adalah istilah-istilah sering diabaikan oleh orang-orang ketika membeli layanan web hosting. Anda harus bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana jika website saya menjadi benar-benar populer dalam semalam, dan menarik ribuan atau jutaan pengunjung? Apakah saya membayar biaya lebih besar hal seperti itu?"

Tentu saja, kebanyakan situs web tidak akan melewati kuota bandwidth mereka dengan traffik pengunjung saja, tetapi jika Anda menyediakan beberapa file untuk di-download dalam situs web Anda, maka hal itu dapat berpotensi terjadi.

4. Unlimited Storage's.

Unlimited Storage sepertinya tawaran yang sangat menarik bukan? Itulah yang layanan web hosting inginkan agar anda tertarik. Tapi, sesungguhnya "tidak ada sesuatu yang tak terbatas".Pernahkah Anda mempelajari TOS (Term of Services) dari layanan hosting web Anda sepenuhnya? Jika Anda seperti kebanyakan orang, Anda akan melewatinya dan tidak membacanya dengan cermat. Pada suatu bagian di TOS ada bagian yang menyebutkan CPU / Server Usage. Untuk jumlah itu, pada dasarnya itu mengatakan jika situs web Anda menggunakan lebih dari jumlah tertentu penyimpanan, itu melanggar TOS dan akan tunduk pada penghentian layanan. Tentu saja, pada hampir semua layanan hosting memiliki sesuatu seperti itu dalam Persyaratan Layanan untuk melindungi sumber daya pada server mereka dari penggunaan yang tidak benar.

5. Lakukan penelitian dan cari tahu lebih banyak tentang mereka.

Salah satu caranya adalah dengan googling. Masukkan keyword merikut "Layanan web hosting A menyebalkan", ganti huruf A dengan nama perusahaan web hosting yang sedang anda teliti. Hasil dari googling tersebut akan memberikan sebuah informasi tentang berapa banyak orang yang kecewa dengan perusahaan A.

Hal ini dapat memberi Anda gambaran tapi sebaiknya Anda tidak menerima begitu saja karena:

  • Unfair Count. Perusahaan besar cenderung mengecewakan lebih banyak orang karena mereka memiliki lebih banyak pelanggan yang tidak puas, meskipun mereka mungkin hanya persentase yang sangat kecil dari keseluruhan basis pelanggan.
  • Bias dan vonis subjektif. Pernyataan di blog pribadi kadang-kadang bisa sangat subyektif, bias dan dipengaruhi banyak hal. Setiap komentar yang tidak sejalan dengan apa yang ditulis oleh pemilik blog dapat dihapus oleh pemilik situs untuk memberikan kesan berat sebelah.
  • Keluhan yang umum. Lebih mudah bagi beberapa orang untuk berteriak-teriak daripada memberikan pujian. Secara umum, jika web host lancar, mereka (para pelanggan) hanya diam, namun ketika layanan sedang sedikit bermasalah, mereka berteriak-teriak seperti kebakaran jenggot. Dan Itulah yang sering kita lakukan:)

6. Bayar dengan Komisi Rebate atau Kupon.

Dalam sebuah bisnis online seperti layanan hosting web, di mana perusahaan siap untuk membayar pendapatan satu tahun untuk satu pelanggan, mungkin tidak bijaksana untuk berbelanja tanpa menemukan komisi rabat atau kupon. Tentu saja Anda akan menemukan banyak host yang tidak memberikan kupon, atau bahkan tidak memiliki program afiliasi, tetapi itu tidak berarti mereka bukan tuan rumah yang baik.

7. Lakukan Back-up.

Pertanyaan berikut mungkin terlintas pikiran Anda - Haruskah kita mempercayai dan mengandalkan pada perusahaan web hosting untuk membuat cadangan file kita? Tentu saja tidak. Sementara kebutuhan host untuk melakukan backup secara teratur, dapat dianggap tidak bijaksana untuk tidak melakukan off-site backup.

8. Gunakan PayPal.

Selalu menggunakan PayPal untuk transaksi jika Anda bukan seorang Amerika dan PayPal adalah satu-satunya US Dollars yang Anda miliki. Mungkin tidak praktis, lamban dan mahal untuk meminta bank lokal Anda melakukan konversi. Jika Anda tidak memiliki pilihan kecuali menggunakan Kartu Kredit Anda, pastikan perusahaan tersebut memiliki reputasi baik untuk menghindari hal buruk.

9. Hindari Kontrak Jangka Panjang Kecuali Anda benar-benar mempercayai mereka.

Kita telah melihat bagaimana perusahaan memberi kita diskon untuk membayar dua tahun di muka. Kecuali web host memiliki track record yang sangat baik, jika tidak berpikirlah dua kali.

One response to “Tips Memilih Web Hosting”

nina F said...

tips memilih hosting bagi mahasiswa kayak saya, harus menyertakan kata murah dan handal....saya coba sarankan sangatmurah.com, itu hosting termurah yang saya tahu, cuman 10rb per tahun...semoga infonya membantu

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...