Tuesday 30 March 2010

5 Strategi Pemasaran Tingkat Lanjut Melalui Media Sosial Online Untuk UKM

stratgei pemasaran
Pemasaran media sosial dan bisnis yang memanfaatkan hal itu telah menjadi lebih maju. Cukup banyak bisnis kecil (UKM) tak terkecuali warnet yang mulai memahami cara terbaik untuk memanfaatkan alat-alat online untuk membangun sebuah komunitas dan mengakui bahwa keterlibatan dan interaksi adalah dasar dari pemasaran sosial, tetapi kebanyakan dari mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya.
Berikut adalah lima langkah strategi untuk usaha kecil yang mungkin sudah memiliki komunitas online dan mengerti bagaimana untuk menciptakan presentasi online, tetapi tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Dan tak terkecuali hal ini juga sering terjadi pada warnet.Kali ini kami akan sajikan sedikit pandangan kami tentang strategi pemasaran tingkat lanjut melalui media sosial online untuk UKM.


Apakah yang dimaksud dengan Strategi Tingkat Lanjut?

Definisi strategi sosial tingkat lanjut adalah teknik yang melampaui kehadiran media sosial yang normal. Memperkenalkan atau memperkuat pesan pemasaran sambil mendorong pengguna ke profil lain atau situs bisnis. Sebelum bergerak maju dengan strategi tingkat lanjut, penting bahwa Anda memahami bisnis pemasaran sosial, memiliki pengalaman menarik konsumen, dan bahwa Anda memiliki pemahaman dasar pemasaran online.

Stategi 1 : Penggunaan Multimedia

Istilah "Sebuah gambar bernilai ribuan kata" adalah benar. Konsumen sekarang menggunakan web untuk mencari produk foto dan video; mereka ingin informasi lebih lanjut dan ingin melihat apa yang mereka sedang mempertimbangkan untuk membeli. Kabar baiknya adalah bahwa itu mudah bagi perusahaan untuk menciptakan dan mempublikasikan video dan gambar.

Selain mengambil foto-foto produk, Anda juga dapat mengambil gambar di acara kantor sebagai cara untuk menyoroti budaya perusahaan. Hal ini tidak hanya membantu meyakinkan orang lain untuk bekerja sama dengan Anda atau untuk membeli dari Anda, tetapi juga membantu departemen HR anda merekrut karyawan baru. Siapa yang tidak mau bekerja untuk sebuah perusahaan yang merayakan ulang tahun dan memiliki waktu yang baik?

Video berguna untuk menjelaskan mekanisme kerja atau konsep. Menampilkan petunjuk langkah demi langkah dapat memiliki dampak yang lebih besar daripada yang menampilkan artikel yang ditulis. Perusahaan atau UKM tidak harus menginvestasikan uang dalam jumlah besar untuk membuat video yang baik. Saya sangat merekomendasikan camcorder flip yang relatif murah, yang dapat mengambil video dan mudah untuk digunakan.

Multimedia dapat merubah pandangan yang kurang baik tentang cara penjualan anda dan membuat perusahaan Anda terkesan lebih ramah. Gunakan video dan foto untuk menunjukkan bahwa bisnis Anda menyenangkan, Anda peduli karyawan Anda, dan yang paling penting, bahwa Anda peduli tentang pelanggan Anda.

Strategi 2: Mengintegrasikan Offline dan Online Advertising

offline dan online advertising

Banyak bisnis kecil dan UKM termasuk juga warnet melakukan beberapa jenis iklan offline, apakah itu radio, cetak, atau kabel. Pemasaran sosial memungkinkan sebuah bisnis untuk memperluas penjualan offline mereka.

Termasuk halaman Facebook atau URL blog dalam iklan offline bertindak sebagai bukti sosial, mengundang calon konsumen untuk melihat komunitas Anda dan meningkatkan kepercayaan dalam bisnis Anda. Tidak hanya dapat mengintegrasikan iklan online dan offline membantu proses konversi, tetapi juga dapat membantu membangun komunitas Anda. Memperkenalkan potensi konsumen untuk profil sosial Anda berarti mereka dapat bergabung dalam komunitas Anda sekarang dan akan membeli kemudian.

Strategi 3: Pesan Adaptasi

pesan adaptasi

Sebagai bisnis yang mulai menjadi lebih canggih dengan media sosial mereka mulai memanfaatkan online platform. Namun, sebagian besar menyampaikan pesan yang sama pada beberapa platform bukannya menyesuaikan komunikasi untuk masing-masing situs.

Platform sosial masing-masing memiliki ekosistem mereka sendiri. Apa yang mungkin dapat diterima di Tumblr mungkin dianggap spam di Facebook. Sebuah gaya penulisan tertentu mungkin menyebar pada Twitter tapi gagal pada FriendFeed. Memahami bahwa setiap situs yang berbeda dan kemudian menyesuaikan pesan Anda memastikan mereka melakukannya dengan baik pada masing-masing situs.

Tidak hanya menyesuaikan pesan di situs membantu menyebarkan pesan dan promosi anda tetapi pengguna tetap menerima beberapa komunikasi yang identik. Pastikan untuk memaksimalkan potensi Anda dengan mengirimkan pengguna yang mengikuti bisnis pada Twitter dan Facebook dua pesan yang berbeda, bukan hal yang sama.

Strategi 4: Jaringan Sosial Lokal

Untuk usaha kecil, pencarian lokal dapat menjadi kemenangan besar. Mudah terlihat di lingkungan lokal oleh konsumen di daerah mereka adalah hal yang sangat penting. Pastikan situs Anda dimasukkan dalam direktori bisnis lokal untuk membantu memastikan bahwa konsumen menemukan Anda ketika mereka membutuhkan Anda.

Pertama, pastikan Anda memeriksa pesaing Anda. Di mana mereka terdaftar? Memeriksa inbound link untuk memeriksa direktori bisnis dimana Anda dapat juga mendaftarkan diri. Juga, pastikan bisnis Anda telah ditambahkan ke Google Maps (Google Maps), dengan menggunakan Pusat Bisnis Lokal.

Meluangkan waktu untuk mencakup semua informasi yang Anda dapat dan memutakhirkan setiap berita lama. Bagi banyak konsumen, ini akan menjadi interaksi pertama mereka dengan anda.

Strategi 5: Kontes dan Diskon

Membangun komunitas hanya bagian pertama dari pemasaran sosial. Menggunakan komunitas untuk mengarahkan penjualan, menyebarkan pemasaran, atau crowdsource operasi adalah kekuatan sejati media sosial. Salah satu cara untuk merangsang komunitas agar secara kolektif melakukan sesuatu adalah menciptakan sebuah kontes atau menawarkan diskon eksklusif (yaitu, kontes dapat menciptakan kompetisi di antara pengguna). Tidak hanya kontes buzz membangun kontestan organik tetapi jika perlu, misalnya, menerbitkan sebuah artikel dimana yang paling banyak berkomentar akan menjadi pemenang, kontes itu sendiri menjadi virus.

kontes dan diskon

Sebuah kontes media sosial yang baik harus mencakup semacam sharing atau virality sebagai syarat untuk menang.

Diskon juga merupakan cara yang bagus untuk berhubungan dengan komunitas Anda. Dengan memberikan kupon eksklusif untuk komunitas sosial Anda, berarti anda menghargai mereka dan mengingatkan mereka bahwa Anda bukan hanya sebuah merk dagang, tapi juga sebuah bagian dari mereka.

Kesimpulan

Menciptakan dasar dari media sosial cukup mudah, mendapatkan komunitas Anda sendiri untuk melakukan sesuatu adalah hal yang lebih sulit. Mengambil keuntungan dari strategi ini dapat membantu Anda membangun komunitas, membuat pemasaran Anda lebih efektif, dan incentivize membeli.


One response to “5 Strategi Pemasaran Tingkat Lanjut Melalui Media Sosial Online Untuk UKM”

terima kasih .... boleh dicba nie ...

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...