Tuesday 23 March 2010

15 Website Yang Merubah Internet


Ada jutaan website diluar sana. Banyak dari mereka yang unik, baik yang kecil maupun yang besar. Namun dampak individu tertentu pada keseluruhan situs internet pada umumnya diabaikan, andaikan ada dampak sama sekali. Tidak demikian halnya dengan lima belas situs di bawah ini.

Situs-situs tersebut merubah Internet, sebagian besar untuk kebaikan, dalam hal substansial. Termasuk di sini adalah segala sesuatu mulai dari Geocities (yang mungkin bisa disalahkan sepenuhnya, baik secara langsung maupun tidak langsung, untuk "tren" desain web jelek yang pernah terjadi) ke Wikipedia (yang telah membuat informasi hampir secara universal dapat diakses) ke Google (yang telah merubah atau mempengaruhi hampir semua yang online).

1. Wikipedia

wikipedia

Mengubah cara kita mencari informasi. Sebelum Wikipedia, ensiklopedi online yang paling baik amat kurang informasi, atau mengharuskan Anda untuk memiliki langganan yang dibayar untuk mengakses konten mereka. Wikipedia mengubah semua itu dengan tidak hanya mengizinkan siapa pun untuk melihat konten gratis, tapi juga oleh individu yang memungkinkan pengguna untuk meninjau dan memperbarui konten, sehingga lebih lengkap dan akurat secara keseluruhan. Wikipedia juga membawa Crowdsourcing dan konten yang dibuat pengguna ke mainstream online, membuat keduanya jauh lebih layak dan berharga.

2. Amazon.com

amazon

Mengubah cara kita berbelanja. Sebelum ke Amazon.com, belanja online tidak jauh berbeda dari belanja keluar dari mail-order catalog. Sementara Amazon mulai dari hanya menjual buku-buku dan item terkait, instansi tersebut telah diperluas untuk menjual hampir apa pun yang Anda pikirkan, baik secara langsung atau melalui situs mitra besar dan kecil. Amazon juga membuat pengiriman gratis standar by order atas nilai uang tertentu, yang telah berdampak pada tingkat pengiriman dan kebijakan dari banyak pengecer online lainnya.

3. Hotmail

hotmail

Mengubah cara kita menggunakan email. Sebelum datang Hotmail, email pada dasarnya ditambatkan pada satu komputer. Ketika Anda memeriksa email Anda, itu ditarik dan dihapus dari server jauh, yang berarti satu-satunya tempat untuk melihatnya hanyalah di komputer Anda. Perlu email yang Anda terima di tempat kerja? Sayang sekali. Tidak ada cara untuk mengaksesnya kecuali jika Anda kembali ke kantor. Hotmail mengubah semua itu dengan menyediakan webmail yang dapat diakses dari komputer manapun dengan koneksi Internet. Sekarang, email berbasis web banyak digunakan dan disediakan oleh berbagai penyedia layanan besar. Walaupun Hotmail tidak lagi penyedia utama dari webmail (dan kini dimiliki oleh Microsoft), mereka masih pionir dalam teknologi ini.

4. Facebook

facebook

Mengubah cara terhubung dengan teman anda. Sementara Facebook bukan jejaringan sosial pertama, itu telah jelas menjadi yang paling populer dan telah benar-benar mengubah cara berinteraksi dengan teman-teman satu sama lain. Tentu, orang menggunakan FB untuk berbicara secara online, tapi mereka juga semakin menggunakannya sebagai cara untuk merencanakan kumpul-kumpul secara offline. Mereka menggunakannya untuk mengikuti dan berinteraksi dengan band favorit mereka, aktor, dan kepribadian lainnya. Orang-orang menggunakannya untuk tetap berhubungan dengan kontak bisnis, teman, keluarga, dan kenalan. Facebook telah membuat jejaring sosial mainstream, di berbagai demografi dan hampir seluruh dunia.

5. Project

Gutenberg

Mengubah cara kita membaca. Proyek Gutenberg memiliki sejarah yang lebih panjang daripada yang kebanyakan orang sadari. Mereka menciptakan ebooks pertama, dan menyebarkannya secara gratis. Anda sekarang dapat membaca setiap buku besar dalam domain publik, kadang-kadang dalam beberapa bahasa di situs mereka. Tanpa langkah-langkah pelopor pendiri Proyek Gutenberg, ebooks tidak akan seperti sekarang.

6. Twitter

twitter

Mengubah cara kita berkomunikasi. Twitter telah membuat salah satu dampak terbesar di Internet dalam beberapa tahun belakangan ini. Gagasan bahwa 140-karakter pesan, penyiaran publik (untuk sebagian besar), akan mengubah cara orang berkomunikasi dengan satu sama lain pasti akan sulit percaya pada sepuluh tahun yang lalu. Tapi Twitter telah menjadi bukan hanya sebuah kelompok besar individu dalam cara berkomunikasi dengan satu sama lain, tetapi juga dalam bisnis cara berkomunikasi dengan pelanggan mereka. Mengeluh tentang minimnya pelayanan pelanggan di Twitter seringkali dapat mengakibatkan hampir pesan instan dari perusahaan yang bersangkutan, dan sering menghasilkan resolusi yang memuaskan. Twitter juga telah membuat selebritis lebih mudah diakses, dengan ratusan celebs sekarang menggunakan layanan untuk berinteraksi dengan fans mereka.

7. Pandora

pandora

Mengubah cara kita menemukan musik baru. Sebelum Pandora, jika anda ingin mendengarkan musik online, Anda biasanya berpaling kepada stasiun radio streaming dengan pra-konten diprogram. Tentu saja, Anda mungkin beruntung dan menemukan stasiun yang sebagian besar memiliki musik yang Anda sukai, tetapi mungkin itu tidak cukup beragam, atau masih terus memainkan satu lagu yang anda BENCI. Pandora mengubah semua itu. Sekarang, Anda dapat memprogram stasiun radio Anda sendiri hanya dengan memasukkan nama atau lagu atau artis dan kemudian memberikan acungan jempol atas atau bawah untuk musik yang dimainkan. Dengan jumlah minimal input pengguna, Pandora telah mendapatkan sambutan yang baik dalam menciptakan playlist yang mencerminkan selera musik seseorang.

8. Apple

apple

Membuat Web design minimalis yang keren. Apple memiliki salah satu website perusahaan pertama yang dirancang dengan estetika minimalis. Sejauh akhir 90-an, Apple mulai menunjukkan yang lebih minimalis mengambil desain web dari situs perusahaan lain, dan pada awal tahun 2000, mereka akan mengadopsi warna putih dan abu-abu.

9. YouTube

youtube

Merubah dunia hiburan. Sebelum YouTube, tidak ada banyak pilihan jika anda ingin menonton video online. Anda kadang-kadang bisa menemukan video di sini atau di sana, tetapi dengan biaya bandwidth, mereka sangat sedikit dan sulit untuk diakses. Pemilik situs web hanya tidak mau membayar biaya tambahan yang terkait dengan konten video. Kemudian YouTube datang dan membuatnya bebas untuk Posting segala video yang Anda inginkan (selama bukan hak cipta atau lebih dari sepuluh menit yang panjang). Web pengguna sekarang memiliki tempat terpusat untuk menonton video secara online. Dan karena upaya perintis YouTube, video online kini dinikmati oleh jutaan setiap hari.

10. Craigslist

Craigslist

Merubah iklan baris. Iklan baris online dulu diklasifikasikan sebagai situs yang hampir tidak dapat digunakan. Antara posting spam dan fakta bedanya sedikit atau setidaknya sulit untuk membedakannya, jika ada daftar lokal di sebagian besar wilayah, tidak ada gunanya menggunakan mereka. Tapi kemudian Craigslist tercipta dan tiba-tiba ada situs iklan baris online yang paling menyaingi iklan baris surat kabar lokal. Sekarang Anda dapat menggunakan Craigslist untuk menemukan hampir apa saja, tak peduli di mana Anda tinggal.

11. The Drudge Report

The Drudge Report

Mengubah figur berita online. Ketika Monica Lewinsky / skandal Presiden Clinton pada tahun 1998, bukanlah sumber berita utama yang pertama kali melaporkan itu. Sebaliknya, The Drudge Report mendapatkan penghargaan tersebut, selamanya mengubah kedudukan sumber berita online. Sekarang, sumber berita online berubah secara teratur, dan dianggap oleh sebagian besar menjadi sumber berita yang dapat diandalkan seperti televisi atau media cetak.

12. GeoCities

GeoCities

Membuat web lebih mudah diakses. Pada masa-masa awal Internet, kalangan yang dapat online (untuk sebagian besar) adalah ilmuwan, akademisi, dan mereka yang terlibat dalam teknologi. Bukan tempat yang sangat menarik. Kemudian datang GeoCities, dan tiba-tiba ada orang yang bisa membuat halaman web mereka sendiri secara gratis. Tentu, GeoCities melahirkan segerombolan website jelek, tapi juga punya membuat orang-orang biasa terlibat di Internet untuk pertama kalinya dan mungkin desain pertama bagi banyak web designer pemula.

13. Digg

digg

Mengubah cara kita menemukan dan berbagi berita. Digg itu awalnya dibentuk sebagai sebuah percobaan, tetapi telah benar-benar mengubah cara banyak orang menemukan berita online. Gagasan yang pengguna menentukan berita itu penting, relevan, dan menarik daripada editor atau eksekutif di organisasi berita besar yang revolusioner. Sekarang, user-generated situs berita di seluruh tempat, baik untuk berita utama, dan setiap industri dan niche.

14. LiveJournal

LiveJournal

Blogging tidak ditemukan oleh LiveJournal, tetapi mereka adalah situs pertama yang menawarkan blog gratis kepada anggotanya. Jutaan orang sekarang menggunakan LiveJournal, dan puluhan juta lebih blogging di tempat lain, baik melalui host blog lain atau pada situs web mereka sendiri. Jika bukan karena LiveJournal dan blog lain yang memberikan host gratis, blogging mungkin belum menjadi fenomena global seperti sekarang ini.

15. Google

google

Mengubah segalanya. Ini mungkin terlihat agak dramatis, tapi itu memang benar. Google telah menyerang hampir setiap aspek dari Internet. Tidak peduli apa yang Anda lakukan secara online, Anda mungkin berinteraksi dengan salah satu layanan Google atau lainnya beberapa kali setiap hari. Dan kebanyakan orang menggunakan paling tidak satu produk atau layanan Google secara teratur. Apakah itu blog Blogger, Picasa album foto, pencarian Google, atau bahkan video YouTube (atau salah satu dari lusinan Google memiliki layanan lain), situs yang dikontrol Google di mana-mana.

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “15 Website Yang Merubah Internet”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...