Monday 12 April 2010

Photo Bergaya Retro Vintage

tutorial photo retro
Ada banyak tutorial editing photo dengan gaya retro atau vintage... namun ada 1 yang menurut saya cukup bagus dan tak terlalu rumit untuk mengerjakannya. Bersumber dari http://psd.tutsplus.com saya coba sadurkan ke dalam bahasa Indonesia untuk anda semua. Mari kita mulai.

Langkah 1

Download file photo yang akan kita jadikan gambar utama di http://www.sxc.hu/photo/876777, gunakan photo tersebut pada file baru berukuran 1440px X 900px, atau anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan anda sendiri.

Step 1

Langkah 2

Layer>Layer Style>Color Overlay. Pilih Soft Light pada Blend Mode, pilih warna Coklat (#8b5c01)

Step

Langkah 3

Berikutnya, kita akan membuat sendiri brush yang akan digunakan untuk membuat bentuk. Pilih Rectangle Tool (U) dan ciptakan sebuah persegi panjang hitam. Lalu pilih Edit>Transform Path Skew>. Setelah itu, pilih Layer> Rasterize. Gunakan gambar di bawah ini untuk referensi.

Step 3

Langkah 4

Klik kanan pada thumbnail layer kemudian pilih Select Pixels. Lalu pilih Edit>Define Brush Preset, dan buat brush anda sendiri. Beri nama PSDTUTS. Setelah itu pilih Engine brushes (Window>brushes) dan edit brush PSDTUTS yang baru saja kita ciptakan. Gunakan pengaturan di bawah ini.

Step 4

Langkah 5

Buat sebuah layer baru lalu pilih Layer>Layer Style. Mari kita menerapkan beberapa gaya ke layer. Kami akan menggunakan Gradient Overlay, Drop Shadow, dan Inner Shadow. Setelah itu, dengan Brush Tool (B), klik dua kali untuk membuat beberapa bentuk.

Step 5

Langkah 6

Klik kanan layer pada Palette Layer. Pilih Copy Layer Style. Lalu buatlah layer baru. Klik kanan layer baru lagi. Sekarang pilih Paste Layer Style. Setelah itu, dengan Brush Tool, klik beberapa kali lebih besar untuk menciptakan bentuk-bentuk lain.

Step 6

Langkah 7

Ulangi Langkah 6 dua kali lagi.

Step 7

Langkah 8

Pilih semua layer yang kita gunakan untuk membuat bentuk geometris dan pilih Layer>Merge Layers. Lalu pergi ke Edit>Transform>Rotate. Setelah itu resize seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Step 8

Langkah 9

Sekarang pilih Edit>Transform>Warp. Mulai memindahkan mesh untuk menciptakan suatu bentuk gelombang. Idenya adalah untuk membuat garis lewat di depan dan di belakang kaki. Hal ini menambah dimensi dari efeknya.

Step 9

Langkah 10

Dengan Polygonal Lasso Tool (L), buat pilihan marquee pada kaki yang ingin terlihat di depan. Kemudian pilih layer geometris tadi, dan lanjutkan ke Layer>Layer Mask>Hide Selection.

Step 10

Langkah 11

Buat layer baru diatas layer geometris dan klik kanan di atasnya. Kemudian pilih Create a Clipping Mask.Setelah itu, pilih Brush Tool (B) dan sebuah brush dasar dengan 0% hardness. Kita akan menciptakan sebuah highlight pada layer geometris. Klik sekali di mana Anda ingin memulai baris. Kemudian sambil menahan Shift, klik di mana Anda ingin menyelesaikan baris. Ini akan membuat garis lurus dengan Brush Tool. Modus Blend akan Normal dengan Opacity 60%.

Step 11

Langkah 12

Ulangi langkah 11, tapi kali ini dengan warna hitam, dan dari posisi lain. Ubah Opacity menjadi 40%.

Step 12

Langkah 13

Buat layer baru diatas semua layer. Isi dengan putih. Kemudian pergi ke Filter>Noise>Add Noise. Gunakan 4% untuk jumlah tersebut. Setelah itu, ubah Blend Mode layer ke Multiply.

Step 13

Langkah 14
Tempatkan foto lain diatas semua layer tetapi di bawah layer noise. Anda dapat menemukan gambar yang saya gunakan di http://www.sxc.hu/photo/982364. Kemudian ubah ukuran gambar dan ubah Blend Mode ke Multiply.

Step 14

Kesimpulan

Salah satu fitur terbaik di Photoshop adalah Engine Brush. Kita dapat membuat banyak efek menggunakannya. Dalam tutorial ini kita menggunakannya untuk menciptakan bentuk empat persegi panjang sama seperti yang terlihat dalam karya James White. Anda bahkan dapat menggunakan sudut dibulatkan atau bentuk yang berbeda. Bermain dengan efek dan bersenang-senang. Selamat mencoba.

One response to “Photo Bergaya Retro Vintage”

Anonymous said...

bagus efek brusnya gw cari2 khirnya nemu...thqu

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...