Thursday 1 April 2010

Tips Agar Baterai Laptop Berumur Panjang

Tips agar materai laptop netbook notebook berumur panjang awetBaterai laptop tak jauh beda dengan manusia, pada akhirnya dan mau tidak mau mereka akan mati. Dan seperti manusia, mereka tidak mentaati Hukum Moore. Anda tidak bisa mengharapkan tahun depan baterai laptop akan lebih awet dari apa yang sekarang dibuat. Teknologi baterai mungkin meningkat dari waktu ke waktu (padahal untuk riset itu butuh banyak dana) tetapi jangan anda berharap akan terobosan besar pada teknologi baterai dalam waktu dekat ini.

Meskipun baterai laptop anda akan mati, tetapi perawatan yang tepat dapat menunda hal itu. Berikut adalah cara untuk menjaga baterai laptop Anda bekerja untuk selama mungkin. Berikut ini beberapa tips dalam merawat dan membuat baterai laptop anda berumur panjang. Sehingga anda dapat bekerja lebih lama tanpa listrik AC.

> Jangan digunakan hingga habis

Memaksakan penggunaan baterai lithium hingga habis akan sangat melemahkan ion-ion lithium pada baterai itu sendiri. Melakukan hal ini sekali atau dua kali memang tidak akan membunuh baterai, namun efek kumulatif dari seringnya mengosongkan baterai akan memperpendek umurnya.

Berita baiknya, anda mungkin tidak akan menguras baterai karena kini pada laptop-laptop terbaru terdapat fitur otomatis shutdown bila baterai mendekati habis. Bahkan Vista dan Windows7 memiliki fitur ini. Untuk melihatnya klik Start, dan pilih Power Option. Klik salah satu pilihan pengaturan, lalu sesuaikan kebutuhan anda dengan merubah settingan advance. Pada kotak dialog yang muncul, gulir ke bawah untuk dan memperluas pilihan baterai. Kemudian memperluas tingkat baterai Kritis. Pengaturan mungkin akan sekitar 5 persen, yang merupakan tempat yang baik untuk meninggalkannya.

XP tidak memiliki setting asli seperti itu, meskipun laptop Anda mungkin memiliki suatu utilitas yang disediakan vendor yang melakukan pekerjaan yang sama.

Mitos: Anda tidak boleh mengisi ulang baterai Anda sepanjang jalan.

Ada kontroversi besar dalam hal ini, tapi tentunya anda akan sangat diuntungkan bila anda dapat menggunakan laptop anda lebih lama tanpa power AC.

> Jaga Agar Tetap Dingin

Suhu panas memperlambat Baterai, dan memperpendek usia pakai. Ketika anda mempergunakan laptop, pastikan sirkulasi udara didalam laptop. Jangan pernah mempergunakan bantal sebagai alas dari laptop, jika memungkinkan gunakan coolpad yang memiliki kaki sehingga sirkulasi udara dapat terjamin.

Juga bersihkan ventilasi setiap saat tertentu dengan udara terkompresi. Anda dapat membelinya di toko perkakas, gunakan alat tersebut hanya ketika laptop anda dalam keadaan mati.

> Berikan waktu untuk istirahat

Jika anda berniat untuk menggunakan laptop ketika sedang berada dirumah untuk waktu yang cukup lama, cabut/keluarkan baterai laptop anda. Dan gunakan power AC. Begitu pula ketika anda tidak berniat menggunakannya dalam waktu yang lama, sebaiknya anda keluarkan baterai dari laptop anda.

Keluarkan baterai ketika berisi setengah penuh, jangan ketika terlalu kosong atau terlalu penuh. Jangan keluarkan baterai ketika laptop dalam keadaan hidup atau dalam keadaan sleep, hal ini akan merusak system anda. Jadi keluarkan dan masukkan baterai ketika laptop benar-benar dalam keadaan mati atau hibernate.

Jika anda belum pernah mengeluarkan baterai laptop dan tidak tahu caranya, ambil buku petunjuk yang datang bersama laptop ketika anda pertama kali membelinya, atau anda dapat mencari petunjuknya secara online.

Mitos : Masukkan baterai laptop anda kedalam Freezer/Kulkas

Beberapa orang menyarankan Anda menyimpannya dalam lemari es, di dalam kantong plastik. Meskipun anda harus menyimpannya dalam keadaan dingin bukan berarti membiarkannya membeku dan mengembun, karena pada akhirnya baterai dapat menjadi basah dan kondensasi adalah sesuai yang berbahaya bagi baterai. Sebaiknya taruh baterai pada tempat yang kering dan bersuhu kamar. Sebuah lemari arsip adalah pilihan yang tepat.

> Memperbaiki Baterai yang rusak

Mitos: Anda dapat meremajakan baterai usang

Pastinya, anda tak dapat membuat elektron lithium lebih tahan lama dan berusia panjang. Tetapi jika baterai habis cepat tak terduga, atau jika laptop Anda mengalami kesulitan mencari tahu berapa besar daya telah pergi, Anda mungkin bisa memperbaiki "mengukur gas baterai," sehingga paling tidak memberikan pembacaan yang lebih akurat.

Jika anda menduga baterai tidak dapat terdeteksi dengan baik, dibebankan atau tidak, jalankan beberapa siklus. Kuras habis seluruh isi baterai, charge ulang hingga 100% dan kemudian ulangi.

Memperpanjang ketahanan baterai

> Redupkan Layar anda
Atur kontras dan brightness pada layar anda, usahakan layar untuk tidak tampil terlalu terang, karena hal ini menguras energi baterai.

> Mematikan hardware yang tidak perlu
Matikan Bluetooth, Wifi dan hardware lainnya yang tidak anda perlukan, hidupkan hardware-hardware tersebut hanya ketika anda membutuhkannya.

> Hindari multitasking
Jangan menjalankan program dengan jumlah yang banyak pada satu saat bersamaan. Jika memungkikan, matikan antivirus dan firewall bila dirasa tidak perlu, jika anda sedang tidak terhubung dengan perangkat lain dan internet maka sesungguhnya antivirus dan firewall adalah sesuatu yang sia-sia.

> Hindari multimedia
Bila anda ingin menonton film, maka gunakanlah DVD player bukan laptop anda. Begitu pula ketika anda ingin mendengar lagu, gunakan iPod anda bukan laptop.

Demikian beberapa tips dan trik dalam merawat baterai laptop agar memiliki usia pakai yang panjang, semoga bermanfaat.


2 Komentar pada artikel “Tips Agar Baterai Laptop Berumur Panjang”

roby said...

"- Berikan waktu untuk istirahat"

yg jadi masalah adalah listrik di indonesia sering mati, meskipun lebih siring hidupnya daripada matinya tetapi bagaimana saya merasa aman untuk melepas baterai ketika saya bekerja di kantor. lebih awet mana? dicolokin terus dan baterai tetap di dalam, tapi jika mati listrik aman, dibanding dgn baterai dilepas, tapi pas mati listrik hardware laptop seperti harddisk jadi tidak aman. ? :D

Poetra Hadi said...

Mungkin sudah saatnya juga mas roby mempertimbangkan penggunaan UPS.

Terima Kasih telah berkunjung ....

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...