Saturday 24 October 2009

25 Digital Audio Editor Gratis yang Harus Anda Ketahui

Editor audio digital didefinisikan sebagai aplikasi komputer untuk memanipulasi audio digital. Sebagai penggiat multimedia, kita biasanya menggunakan audio editor untuk merekam audio, mengedit durasi waktu, mencampur beberapa jalur suara, menerapkan efek sederhana dan melakukan konversi antara satu format file audio ke format audio yang lain.

Ada banyak cara yang editor audio digital dapat digunakan, dan untungnya ada banyak penyunting audio digital yang baik dan gratis. Jadi, jika Anda berpikir untuk membeli lisensi Adobe Audition, Cool Edit atau SoundForge, atau menggunakan versi bajakannya, mengapa tidak cari yang gratis tanpa tersandung masalah hukum?. Bukan berarti yang berbayar itu tidak bagus, tapi selalu akan lebih bijaksana untuk mencoba aplikasi gratis sebelum anda membeli aplikasi yang mahal.

Berikut 25 digital audio editor gratis . Klik pada masing-masing sub-judul untuk men-download-nya!

  1. Audacity

    Audacity adalah aplikasi gratis dan bebas, perangkat lunak sumber terbuka (open source) untuk rekaman dan menyunting suara. Hal ini memungkinkan Anda untuk merekam audio, mengkonversi kaset dan catatan menjadi rekaman digital atau CD, mengedit Ogg Vorbis, MP3, WAV atau AIFF. Anda juga dapat memotong, menyalin, sambatan atau mencampur suara dengan Audacity. Built-in efek yang diberikan untuk menghapus noise statis, mendesis, bersenandung atau suara latar belakang konstan.

    Audacity

  2. Power Sound Editor

    Power Sound Editor Free adalah audio visual editing dan perekaman solusi perangkat lunak perekaman, yang mendukung banyak operasi data audio terkini sarta bertenaga.

    Anda dapat menggunakan Power Sound Editor Free untuk merekam musik Anda sendiri, suara, atau file audio, mengedit, mencampur dengan file audio atau musik yang lain, menambahkan efek seperti Reverb, Chorus, dan Echo, dan membakarnya di CD, meng-upload ke website atau mengirimkan ke teman anda melalui e-mail.

    power_sound_editor

  3. mp3DirectCut

    mp3DirectCut adalah editor dan perekam audio yang cepat dan luas untuk kompresi mp3. Anda dapat langsung memotong, menyalin, menempel atau mengubah volume suara dengan tidak perlu melakukan dekompresi file terlebih dahulu. Menggunakan Cue sheet, anda dapat membagi file audio yang panjang secara mudah.

    mp3DirectCut

  4. Music Editor Free

    Music Editor Free (MEF) memenangkan banyak penghargaan untuk software editor alat musik. MEF membantu Anda untuk merekam dan mengedit musik dan suara. Ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit musik, suara dan rekaman audio lainnya. Ketika mengedit file audio Anda dapat memotong, menyalin dan memindahkan bagian rekaman dan, jika diperlukan, menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan kebisingan.

    Music_Editor_Free

  5. Wavosaur

    Wavosaur adalah sound editor gratis , audio editor, wav software editor untuk mengedit, pengolahan dan merekam suara, wav dan mp3 file. Wavosaur memiliki semua fitur untuk mengedit audio (potong, salin, paste, dll) menghasilkan musik loop, menganalisa, merekam, konversi batch. Wavosaur mendukung VST plugin, ASIO driver, multichannel wav file, proses efek waktu-nyata. Program ini tidak memiliki installer dan tidak merubah registry Windows anda.

    wavosaur

  6. Traverso DAW

    Traverso DAW adalah berlisensi GPL (General Public License), lintas platform multitrack audio recording dan editing, dengan inovatif dan mudah untuk menguasai User Interface. Perangkat ini sangat cocok untuk profesional maupun home user, yang membutuhkan DAW kuat dan solid. Menambah dan menghapus efek plugin, memindahkan Klip Audio dan menciptakan Trek baru selama pemutaran.

    traverso_daw

  7. Ardour

    Ardour adalah sebuah digital audio workstation. Anda dapat menggunakannya untuk merekam, mengedit dan mencampur multi-track audio. Anda dapat memproduksi CD anda sendiri, campuran soundtrack video, atau hanya bereksperimen dengan ide-ide baru tentang musik dan suara. Kemampuan Ardour meliputi: multichannel recording, pengeditan non-destruktif dengan unlimited undo/redo, dukungan otomatisasi penuh, mixer yang kuat, trek/bus/plugin, sinkronisasi timecode, dan hardware kontrol seperti Mackie Control Universal. Jika Anda sedang mencari alat mirip dengan ProTools, Nuendo, Pyramix, atau Sequoia, Anda mungkin telah menemukannya.

    ardour

  8. Rosegarden

    Rosegarden adalah audio dan MIDI sequencer well-rounded, score editor, dan untuk keperluan mengedit komposisi musik. Rosegarden sangat mudah digunakan, aplikasi menarik yang berjalan pada Linux, ideal untuk komposer, musisi, siswa musik, dan studio kecil atau mini production house.

    Audacity

  9. Hydrogen

    Hidrogen adalah mesin drum yang maju untuk GNU/Linux. Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan produk profesional namun dengan pola sederhana dan intuitif berbasis drum pemrograman.

    Audacity

  10. WavePad Sound Editor

    Sound Editor WavePad memungkinkan Anda membuat dan mengedit musik, suara dan rekaman audio lainnya. Ketika mengedit file audio Anda dapat memotong, menyalin dan memindahkan bagian rekaman dan, jika diperlukan, menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan kebisingan. WavePad bekerja sebagai editor atau mp3 wav editor tetapi juga mendukung beberapa format file lain, termasuk vox, gsm, real audio, au, aif, flac, ogg dan banyak lagi.

    wavepad

  11. Sound Engine

    SoundEngine adalah software yang terbaik untuk penggunaan pribadi, karena memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengedit data gelombang suara yang memiliki banyak fungsi yang diperlukan untuk proses mastering.

    soundengine

  12. Expstudio Audio Editor

    Expstudio Audio Editor merupakan editor file musik visual yang memiliki banyak pilihan berbeda dan beberapa fungsi untuk mengedit file musik Anda seperti mengedit file teks. Dengan data audio yang diberikan dapat melakukan berbagai operasi seperti menampilkan gambar gelombang file audio, filter, menerapkan berbagai efek audio, format konversi dan banyak lagi.

    Expstudio_Audio_Editor

  13. DJ Audio Editor

    Audio Editor DJ adalah aplikasi audio yang mudah digunakan dan terorganisir dengan baik yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai operasi dengan data audio. Anda dapat membuat dan mengedit file audio secara profesional, juga menampilkan citra gelombang file audio serta membuat Anda bekerja lebih cepat.

    DJ_Audio_Editor

  14. Eisenkraut

    Eisenkraut adalah cross-platform file audio editor. Memerlukan Java 1.4 + dan SuperCollider 3. Mendukung multi-channel dan multi-file mono dan floating-point encoding. Sebuah OSC scripting interface dan fungsi sonagramme eksperimental telah disediakan.

    Audacity

  15. FREE WAVE MP3 Editor

    Free Wave MP3 Editor merupakan program editor suara ber-platform Windows. Software ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit suara dan rekaman audio lainnya. Anda dapat memotong, menyalin dan menyisipkan bagian pencatatan dan, jika diperlukan, menambahkan efek seperti gema, amplifikasi dan pengurangan kebisingan.

    free_wave_mp3_editor

  16. Kangas Sound Editor

    Fun Kangaroo-themed merupakan program yang memungkinkan pengguna untuk menciptakan musik dan efek suara. Menggunakan sistem rasio frekuensi untuk mengkontrol pitch, daripada notasi musik konvensional dan setara temperamen. Hal ini memungkinkan menciiptakan instrumen, baik musik dan perkusi.

    Kangas_Sound

  17. Ecawave

    Ecawave merupakan editor file audio grafis sederhana . User-interface yang didasarkan pada pustaka Qt, sementara hampir semua fungsi audio diambil langsung dari library ecasound. Ecawave dirancang untuk mengedit file audio yang besar, semua proses dilakukan langsung-ke-disk. Gelombang sederhana caching yang digunakan untuk mempercepat operasi file. Ecawave mendukung semua format file audio dan efek ecasound algoritma yang disediakan oleh library. Ini termasuk JACK, ALSA, OSS, aRts, lebih dari 20 format file, lebih dari 30 efek jenis, LADSPA plugin dan efek multi operator preset.

    ecawave

  18. Audiobook Cutter

    Audiobook Cutter membelah file audio MP3 dan podcast anda secara cepat dan mudah. File perpecahan dapat dengan mudah digunakan pada ponsel MP3 player karena ukuran kecil mereka. Durasi mereka memungkinkan kelancaran navigasi melalui buku. Titik perpecahan ditentukan secara otomatis berdasarkan deteksi keheningan.

    audiobook_cutter

  19. Jokosher

    Jokosher adalah studio multi-track sederhana namun tangguh . Dengan itu Anda dapat membuat dan merekam musik, podcast dan banyak lagi, semua dari lingkungan sederhana yang terintegrasi.

    jokosher

  20. LMMS

    LMMS adalah cross-platform gratis sebagai alternatif program komersial seperti FL Studio, yang memungkinkan Anda untuk menghasilkan musik dengan komputer Anda. Ini termasuk penciptaan melodi dan ketukan, sintesis dan pencampuran suara, dan mengatur sampel. Anda bisa bersenang-senang dengan MIDI-keyboard Anda dan banyak lagi; semua user-friendly dan memiliki antarmuka yang modern.

    LMMS

  21. Mp3Splt

    Mp3Splt-proyek adalah sebuah utilitas untuk memecah file mp3 dan ogg anda dapat menentukan titik mulai dan posisi titik akhir, tanpa decoding. Ini sangat berguna untuk membagi mp3/ogg besar untuk membuat file yang lebih kecil atau untuk membagi seluruh album untuk mendapatkan lagu asli. Jika Anda ingin membagi sebuah album, Anda dapat memilih secara terpisah poin dan nama file secara manual atau anda bisa mendapatkannya secara otomatis dari CDDB (internet atau file lokal) atau dari isyarat file. Juga mendukung memecah keheningan otomatis, yang dapat digunakan juga untuk menyesuaikan cddb / isyarat splitpoints. Anda dapat mengekstraksi lagu dari Mp3Wrap atau AlbumWrap file dalam beberapa detik.

    mp3splt

  22. Qtractor

    Qtractor adalah Audio / MIDI sequencer multi-track aplikasi yang ditulis dalam C + + dengan kerangka qt4. Ber-platform Linux, di mana Jack Audio Connection Kit (JACK) untuk audio, dan Advanced Linux Sound Architecture (ALSA) untuk MIDI, adalah infrastruktur utama untuk berkembang sebagai fitur yang cukup sebagai audio workstation desktop Linux GUI, khusus didedikasikan untuk home-studio.

    qtractor

  23. ReZound

    ReZound bertujuan untuk menjadi file audio editor grafis yang stabil serta open source, alias gratis.

    ReZound

  24. Sweep

    Sweep adalah live editor dan audio playback untuk GNU/Linux, BSD dan sistem yang kompatibel. Ini mendukung banyak format musik dan suara termasuk WAV, AIFF, Ogg Vorbis, Speex dan MP3, dengan multichannel editing dan efek LADSPA plugin.

    sweep

  25. Wavesurfer

    WaveSurfer Open Source merupakan alat untuk visualisasi dan manipulasi suara. Telah dirancang agar sesuai untuk pemula dan pengguna mahir. WaveSurfer memiliki logika sederhana dan antarmuka pengguna yang menyediakan fungsionalitas dalam cara yang intuitif dan yang dapat disesuaikan dengan tugas yang berbeda.

    LMMS


Dengan tool audio gratis sebanyak itu anda dapat saja menyaingi Saykoji ..... hueheuheu no offense bang Igor ..... peace ah...

9 Komentar pada artikel “25 Digital Audio Editor Gratis yang Harus Anda Ketahui”

irul said...

nice info neh om,, thx for share... :)
izin nge-add blog ente di blog ane yak.. .

Poetra Hadi said...

@irul : silahkan kang irul... :)

Anthony said...

bang Hadi...thanks banget......... sangat membantu tugas2 ane...

positip said...

kok gak bisa dicopy?

Anonymous said...

bagus nih infonya??? mang paling bagus mana ya kang? saya butuh software plus alat musik di dalamnya (maklum newbie ga tau istilah!). jadi tinggal saya yang nyanyi(alahh..) nah software bantu ngiringin! ada ga yah?? terimakasih

zie said...

i like, thank you !!!
Terima kasih ya !!!

fiqa said...

ada modul buat menggunakan aplikasi salah satu diatas gak ?
supaya lebih mudah dalam praktek n mggunakan fitur2 yg ada.mksih

aium said...

maksih infonya

jnanayoga said...

thans infonya..

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...