Thursday 22 October 2009

Tips Berinternet di Warnet

  1. Tips warnetLogin ke email atau akun chating atau facebook. Saat pertama melakukan login pada sebuah situs email tentunya kita harus memasukkan user atau nama pengguna dan sandi atau password, nah di dekat kolom - kolom tersebut ada kotak kecil yang bertuliskan "remember me" atau ingat saya. Kotak kecil ini jangan sampai dicentang. Biarkan kosong. karena bila dicentang, nama user dan password yang anda tulis akan tersimpan otomatis. Hal ini sangat berbahaya bila nanti situs tersebut di lihat orang, karena mereka bisa login dengan nama dan password anda. maka itu berhati - hatilah. sering terjadi kasus - kasus akun email atau akun chating di login orang lain, kemungkinan besar karena kelalaian mencentang kotak kecil "remember me" tersebut.
  2. Jangan lupa Logout. Apabila telah selesai dengan keperluan anda di internet jangan lupa untuk logout atau keluar, bila anda sedang menggunakan akun email atau chating. Karena kalau langsung ditutup tab nya, nanti kalau ada orang lain membuka situs yang sama, langsung masuk ke akun anda. Maka itu, berhati - hatilah untuk selalu logout dari akun anda.
  3. Bila anda menjumpai akun orang lain yang belum logout alangkah baiknya jika anda me-logout-kan akun orang tersebut, toh tak ada gunanya juga anda menggunakan akun orang lain.
  4. Flashdisk. Untuk menyimpan file download sebaiknya anda membawa flash disk sendiri, sebelum pergi meninggalkan warnet , scan terlebih dahulu flashdisk kita dengan menggunakan anti virus yang ada pada komputer warnet, karena biasanya anti virus yang ada di warnet selalu update. Hal ini untuk mencegah virus masuk kedalam komputer kita, karena bisa saja ada virus dari hasil download dari warnet.
  5. Mengupload photo. Sering kali kita merasa jengkel ketika meng-upload photo ke jejaring sosial seperti facebook memakan waktu yang tidak sedikit. Ini bukan berarti kesalahan ada pada warnet tersebut. coba perhatikan berapa besar file photo yang anda ingin upload tersebut..? bila ukuran file photo tersebut lebih dari 1 mb, jelas ini akan memakan waktu yang tidak sedikit. Untuk itu lebih baik kecilkan terlebih dahulu ukuran photo yang akan di upload, anda dapat menggunakan program seperti photoeditor atau photoshop. Bila anda merasa kesulitan, mintalah operator warnet untuk melakukannya. Ukuran yang ideal untuk photo di album jejaring sosial adalah 500 x 333 pixel dengan resolusi 72 dpi, ini hanya akan berukuran sekitar 45,5 kb, cukup kecil bukan...?
  6. Mengupload File/Attachment. Untuk File-file dokument yang ingin anda sisipkan pada email, ada baiknya dikompresi terlebih dahulu, gunakan software winzip atau winrar untuk mengkompresinya. Langkah ini akan membuat dokument anda lebih ringkas, dan mempercepat proses upload. Hindari meng-upload file-file berukuran besar.
  7. bersambung....

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “Tips Berinternet di Warnet”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...