Monday 12 October 2009

"Burst" pada Simple Queue

Lama waktu ideal untuk mengakses sebuah situs harusnya tidaklah lebih dari 10 hitungan jari atau 10 detik. Hal ini diperlukan untuk memberikan kenyamanan bagi user dalam melakukan aktivitas browsing. Maka tak ada salahnya kita memberikan aliran b/w yang cukup besar pada 10 detik pertama, dan selanjutnya kita batasi untuk memberikan kesempatan user lain.

Burst pada simple Queue bertujuan untuk mengijinkan aliran data tertinggi untuk beberapa periode waktu. Fasilitas ini berguna untuk membatasi pemakaian b/w secara berlebihan dan terus menerus bagi user-user yang rakus akan b/w. Hanya pada beberapa periode waktu tertentu sajalah user mendapatkan jatah b/w yang cukup besar.


Pada fitur Burst terdapat beberapa variabel yang harus ditentukan nilainya, antara lain Burst Limit, Burst Threshold dan Burst Time. Yang perlu diperhatikan adalah, jika rata-rata aliran data lebih rendah dari "Burst Threshold", Burst akan secara aktual mengikuti "Burst Limit", dimana setiap detik router akan menghitung rata-rata data yang dicapai melalui burst time yang terakhir. Perhatikan gambar berikut :

Burst,mikrotik,warnet

Burst,Mikrotik,Warnet

Burst,Mikrotik,Warnet

Cobalah untuk memberikan nilai pada masing-masing variabel burst dan lakukan pengamatan. Selamat mencoba..!

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “"Burst" pada Simple Queue”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...