Tuesday 13 October 2009

Penggunaan Printer Warnet

Membagi pakai (sharing) printer di sebuah warnet terkadang memang mempermudah user untuk mencetak document secara langsung dari terminal client, namun di sisi lain hal ini juga sering menimbulkan permasalahan tersendiri bagi operator warnet, user harus menyampaikan terlebih dahulu kepada operator tentang jenis dan ukuran kertas yang ingin dipergunakan.

Pada kasus lain justru operator kebingungan ketika tiba-tiba printer mencetak banyak kertas namun tak ada user yang mengakui kepemilikan hasil cetak, entah karena user tak sengaja mencetak atau karena user tak siap untuk menebus hasil cetakan.

Kesalahan pencetakan pada penggunaan ukuran kertas yang salah pun terkadang user tak ingin dibebani biaya, padahal jelas-jelas user yang melakukan pencetakan secara langsung dari terminal client.


Namun ketika printer tidak di"share" juga menimbulkan masalah tersendiri, contohnya jika user ingin mencetak document hasil browsing sementara document tersebut tidak dapat di"save" (seperti pada form-form isian pendaftaran pegawai negeri dan daftar ulang kampus).

Hal ini dapat disiasati dengan menginstal sebuah PDF Converter di masing-masing terminal client. PrimoPDF adalah salah satu contohnya. PrimoPDF adalah converter pdf yang bekerja seperti layaknya fungsi sebuah printer, hanya saja hasil dari PrimoPDF adalah sebuah file PDF, bukan kertas cetak.

Dengan PrimoPDF user dapat dengan leluasa menentukan ukuran dan jenis kertas yang diinginkan tanpa harus berkomunikasi dengan operator warnet, Setelah file PDF dihasilkan dan user mengakhiri penggunaan terminal client, user hanya tinggal menyebutkan nama file yang ingin diprint dan dimana user menaruh file tersebut.

Disisi lain Operator warnet pun tidak perlu repot dan khawatir atas kesalahan pemilihan ukuran/jenis kertas. Dan akhirnya semua pihak pun bahagia ... tanpa harus tarik urat.... huheuheuheuheu.

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “Penggunaan Printer Warnet”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...