Tuesday 13 October 2009

Tune Up Windows Anda Agar Lebih Ngacir

Windows yang digunakan setelah sekian lama mungkin akan terasa lambat dan kinerjanya menurun, hal ini disebabkan antara lain ;

1. Registry sudah tidak serapi ketika pertama kali windows diinstall.
2. DMA (Direct Memory Access) mode telah berubah menjadi PIO (Processor Input Output) mode ini berubah karena terlalu seringnya terjadi erorr, sehingga program tidak mengandalkan memory tetapi memaksa prosesor bekerja bit per bit (utilitasnya mencapai 100 persen). Setiap crash/error DMA mode turun dr Ultra DMA mode 5.. 4.. 3.. hingga PIO. 6x Crash PC akan terasa sangat lambat.

solusi :
1. Install cc cleaner ato regcure, dapat di download disini, scan lalu fix problems.
2. Masuk : control panel - system - hardware - device manager - IDE ATA/ATAPI controller - Primary IDE Channel - (double klik) - Advanced Setting - Device 0 dan Device 1 transfer modenya rubah menjadi : DMA if available - OK.

Jika masih lambat/hang, download resettingdma.vbs dari http://winhlp.com/tools/resetdma.vbs save isi halaman tersebut ke notepad dengan nama resettingdma.txt, lalu rubah extention txt menjadi vbs.

Sebelum menjalankan file tersebut, ada baiknya mematikan sementara antivirus anda, karena file ini akan merubah registry.

Langkah-langkah diatas akan membuat pc anda lebih bertenaga sebelumnya, terlebih bila pc anda sering menginstall program-program yang sebenarnya jarang digunakan, atau bahkan telah di uninstall sekalipun, seperti pc pada operator warnet. Selamat mencoba....!

Jadilah orang yang pertama berkomentar pada artikel “Tune Up Windows Anda Agar Lebih Ngacir”

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...