Friday 23 October 2009

70 Aplikasi Portable Gratis

Aplikasi portable pada umumnya adalah perangkat lunak dan program yang dapat berjalan secara independen dari removable drive (seperti flashdisk / pendrive) tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Aplikasi portable ini telah banyak dipergunakan oleh para netter dan pekerja profesional, terlebih bagi mereka yang suka online di warnet, karena tanpa harus meminta kepada operator untuk menyediakan aplikasi tertentu.

free portable applications

Dengan aplikasi portabel, Anda tak perlu membawa laptop kemana-mana, cukup tancapkan flashdisk di komputer manapun, jalankan aplikasi tanpa perlu khawatir meninggalkan jejak. Dalam posting ini, kita mencoba untuk menunjukkan koleksi aplikasi yang berguna dan gratis yang dapat berjalan secara independen dari flashdisk, saya kategorisasikan berdasarkan profesi yang sering menggunakannya. Anda akan terkejut berapa banyak aplikasi yang dapat benar-benar dijalankan tanpa instalasi. Berikut ini daftar aplikasi portable yang bisa diunduh secara gratis. Untuk men-download-nya silahkan klik pada nama aplikasi.

Aplikasi Portable untuk Netter dan Blogger

  1. Mozilla Firefox

    Mozilla Firefox, versi portable memungkinkan Anda tidak meninggalkan informasi pribadi di komputer yang anda jalankan, jadi Anda dapat menggunakan browser favorit Anda bersama dengan semua bookmark favorit dan ekstensi yang telah di-customized.

    mozilla_firefox

  2. Opera

    Web browser berfitur lengkap, dengan cepat memperoleh popularitas. Sepenuhnya portabel, menyimpan semua data dalam folder lokal.

    opera

  3. Google Chrome

    google chrome

  4. Portable Safari

    Portable Safari dikemas sedemikian rupa sehingga Anda dapat membawa-bawa perangkat portabel apapun, USB thumb drive, iPod, portable hard drive, kartu memori, perangkat portabel lain (atau juga internal hard disk).

    safari

  5. Windows Live Writer Portable

    Windows Live Writer Portable memiliki semua pengaturan blog yang Anda perlukan, ping pengaturan server dan pengaturan FTP untuk mengulang

    windows_live_writer

  6. Zoundry Raven

    Zoundry Raven™ adalah blog editor WYSIWYG yang membuat posting blog Anda lebih mudah dan lebih cepat.

    zoundry_raven

  7. FileZilla

    FileZilla adalah FTP/SFTP Client yang cepat dan handal. Termasuk site manager dan mendukung upload/download situs, keepalive, timeout detection, SOCKS 4/5 dan HTTP 1.1 proxy dll.

    filezilla

  8. FeedReader

    Feedreader adalah solusi tepat agregasi berita RSS GRATIS, state-of-the-art fitur dalam intuitif, dan antar muka yang user-friendly.

    feedreader

  9. GreatNews

    GreatNews menampilkan halaman lengkap artikel berita di rss feed, dioptimalkan untuk membaca cepat.

    greatnews

  10. Foxit Reader

    Foxit Reader adalah pembaca file PDF yang ringan dan cepat.

    foxit_reader

  11. StickyTweets

    Sebuah Twitter client yang ringan dan dibangun berbasis C/C++ Win32. Tidak memerlukan Frameworks tambahan.

    stickytweets

  12. Fruitfultime Bookmark Manager

    Bookmark situs web dari browser dengan hotkey global dan penunjuk dokumen, gambar, dan file lainnya dengan drag dan drop yang mudah.

    fruittime_bookmark_manager

  13. Web Design Toy

    Web Design Toy menyediakan layout split-window sederhana. Apapun code HTML yang diketik dalam jendela editor langsung ditampilkan dalam bentuk halaman web di jendela lainnya. Nah.. ini sangat penting untuk blogger..

    web_design_toy

  14. Lingoes Portable 2.6.2

    Lingoes Portable adalah "green portable version of Lingoes" yang dibuat oleh Lingoes Project.

    lingoes

Portable Apps Untuk Designers

  1. GIMP Portable

    The GIMP (GNU Image Manipulation Program) adalah sebuah program yang didistribusikan secara bebas untuk melakukan foto retouching, komposisi gambar dan gambar authoring.

    gimp

  2. Artweaver

    Artweaver adalah program Freeware Windows untuk mensimulasikan alat kuas alami.

    artweaver

  3. MobaPhoto

    MobaPhoto adalah freeware yang bagus untuk mengelola foto digital Anda. MobaPhoto memungkinkan Anda untuk mengubah ukuran, memotong, memperbaiki efek "Red Eye" pada semua foto Anda dengan sangat mudah dalam "batch-mode".

    mobaphoto

  4. Active Pixels

    Activepixels adalah foto editor dengan fitur lengkap . Meningkatkan auto enhance (termasuk shadow / hilight), terdapat banyak filter, koreksi pewarnaan dan pengaturan denoise.

    active_pixels

  5. Photoscape

    Photoscape adalah perangkat lunak pengedit foto yang menyenangkan dan mudah yang memungkinkan Anda untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas foto.

    photoscape

  6. PhotoFiltre

    PhotoFiltre adalah program retouching foto yang lengkap. Hal ini memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian sederhana atau lanjutan untuk gambar dan menerapkan berbagai macam filter di atasnya.

    photofiltre

  7. Fotografix

    Editor foto yang dapat digunakan untuk peningkatan citra dan desain grafis.

    fotografix

  8. Anim8or

    Anim8or adalah model 3D animasi dan karakter program.

    Anim8or

  9. XBlender

    Blender adalah perangkat lunak penciptaan 3D terpadu.
    Ini memungkinkan penggunanya menciptakan grafis 3D berkualitas tinggi, film dan replay real-time, serta 3D interaktif konten.

    xblender

  10. X-Inkscape

    Inkscape adalah editor vektor yang mendukung banyak fitur SVG lanjutan (markers, clones, alpha blending, dll) dan sangat baik dalam merancang streamline antarmuka.

    xinkscape

  11. Inkscape

    Inkscape merupakan editor grafis vektor open source.

    inkscape

  12. Diagram Designer

    Vector graphics editor sederhana untuk membuat diagram alur, kelas UML diagram, ilustrasi dan tampilan slide.

    Diagram_Designer

  13. FastStone Photo Resizer

    FastStone Photo Resizer memungkinkan pengguna untuk meng-konvert, mengubah nama, mengubah ukuran, memotong, memutar, mengubah kedalaman warna, menambahkan teks dan watermark pada gambar-gambar secara cepat dan mudah.

    faststone_photo_resizer

  14. JPEGCrops

    JPEGCrops adalah program Windows, yang diciptakan untuk persiapan sekumpulan gambar untuk dicetak. Lossless menyediakan tanam dengan aspek tetap menggunakan jpegtran.

    JPEGCrops

  15. Riot

    Riot memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar untuk web/email/media lain dengan rasio kompresi yang terbaik dan berkualitas.

    riot

  16. SmillaEnlarger

    SmillaEnlarger adalah alat bantu grafis kecil (berdasarkan Qt) untuk mengubah ukuran, terutama memperbesar bitmaps berkualitas tinggi.

    simillaenlarger

  17. PNG Optimizer

    Png Optimizer menciptakan screenshot PNG dan membuat mereka dengan mudah terlihat.

    pngoptimizer

  18. IcoFX

    IcoFX adalah solusi all-in-one untuk penciptaan ikon, ekstraksi dan mengedit.

    icofx

  19. Greenfish Icon Editor Pro

    Greenfish Icon Editor Pro adalah sebuah tool profesional, namun mudah digunakan untuk merancang dan retouching ikon, kursor, animasi dan gambar statis, serta perakitan paket ikon.

    greenfish_icon_pro

  20. WinSnap

    WinSnap dapat dengan mudah meng-capture halaman program baik dengan latar belakang yang disesuaikan secara transparan, sederhana dan kanvas otomatis transformasi, efek pewarnaan, dan penambahan bayangan drop eye-candy.

    winsnap

  21. PicPick Tools

    PicPick menyediakan fitur capture yang kuat, editor foto, color picker, color palette, pengukur pixel, busur derajat, crosshair, papan tulis dan sebagainya.

    picpick

  22. SiteShoter

    SiteShoter adalah perangkat gratis yang dapat digunakan untuk mengambil screenshot halaman Web manapun.

    siteshoter

  23. Greenshot

    Greenshot adalah tool screenshot revolusioner yang optimal untuk produktivitas.

    greenshot

  24. FastStone Image Viewer

    FastStone Image Viewer memiliki serangkaian fitur bagus yang mencakup tampilan gambar, manajemen, perbandingan, red-eye removal, email, mengubah ukuran, cropping dan warna.

    faststone_image_viewer

  25. IrfanView

    IrfanView merupakan tool penampil grafis yang sangat cepat, kecil, kompak dan inovatif untuk pemula dan para profesional.

    irfanview

  26. Cornice Portable

    Cornice Portable adalah penampil gambar yang memiliki thumbnail preview, mode layar penuh, rotasi, slideshow mode dan banyak lagi.

    cornice

  27. Osiva

    Osiva adalah program penampil gambar gratis yang terbuka dan skala gambar cepat.

    osiva

  28. RealWorld Paint.COM

    RealWorld Paint.COM dapat menampilkan gambar dengan menggunakan berbagai faktor zoom dan selalu menunjukkan akurasi 100%. Tooltips ditampilkan di seluruh antarmuka pengguna untuk menjelaskan makna dari kontrol.

    paintCom

  29. AMP Font Viewer

    AMP Font Viewer sangat mudah digunakan, tetapi merupakan font manajer yang handal, yang memungkinkan mendapatkan preview dari font yang telah terinstal ataupun font yang belum terinstal.

    amp_font_viewer

  30. FotoSketcher

    FotoSketcher adalah program yang 100% gratis yang dapat membantu Anda mengkonversi foto digital menjadi foto seni, secara otomatis.

    fotosketcher

  31. Dia Portable

    Dia dapat digunakan untuk menarik berbagai macam diagram dan memiliki benda-benda khusus untuk membantu menggambar diagram hubungan entitas, UML diagram, diagram alur, diagram jaringan, dan banyak diagram lainnya.

    dia

  32. Oiko CSS-Editor

    Oiko adalah CSS editor visual. CSS (Cascading Style Sheets) memungkinkan untuk memisahkan definisi representasi terstruktur seperti dokumen HTML, XHTML, XML dari isinya, yang merupakan prinsip efektif dalam merancang situs web.

    oiko_css_editor

Portable Apps untuk Keperluan Kantor dan Bisnis

  1. OpenOffice.org

    Portable OpenOffice.org adalah office suite yang lengkap - termasuk word processor, spreadsheet, presentasi alat, menggambar paket dan database

    openoffice

  2. Notepad++

    Notepad++ adalah gratis (seperti dalam "mimbar bebas" dan juga seperti dalam "bir gratis") source code editor dan pengganti Notepad yang mendukung beberapa bahasa.

    notepad

  3. SoftMaker Office 2006

    Office Suite yang mengandung komponen yang kompatibel dengan Windows Office aplikasi seperti Word, Excel, dll

    softmaker_office

  4. PNotes

    PNotes cepat dan ringan. Memiliki pengaturan yang fleksibel - baik untuk program secara keseluruhan dan untuk setiap catatan.

    pnote

  5. AbiWord

    AbiWord adalah program pengolah kata gratis yang mirip dengan Microsoft® Word. Sangat cocok untuk berbagai jenis tugas pengolah kata.

    abiword

  6. Jarte

    Jarte adalah berbasis WordPad, pengolah kata GRATIS antarmuka yang unik akan membuat Anda merasa seperti Anda piloting yang cepat, lincah yacht oleh perbandingan.

    jarte

  7. Portable Office Exec

    portable_office_exec

  8. ToDoList

    A simple and effective way to keep track of your current programming tasks.

    todolist

  9. Task Coach

    Task Coach Portable lets you bring your to-do list and task manager with you so you always stay on top of things.

    task_coach

  10. Date Reminder

    Date Reminder reminds you of recurring or nonrecurring events, like birthdays, bills to pay, appointments etc.

    date_reminder

  11. Sunbird

    Sunbird Portable is a standalone calendaring and task management application built on the same technology as the Firefox web browser.

    sunbird

  12. Koma-Mail

    Koma-Mail is an email client which is comfortable and has very handy functions. It does not need an installation, so that you can run Koma-Mail from your flash drive but, of course, also on your desktop.

    koma_mail

  13. Thunderbird

    Mozilla Thunderbird is the safe, fast email client that’s easy to use. It has lots of great features including quick message search, customizable views, support for IMAP/POP, RSS support and more.

    thunderbird

  14. Qm – The Quick Mailer

    Qm – The Quick Mailer is a tiny program for sending quick e-mail messages without having to load your main email client program.

    qm

  15. WinMerge

    WinMerge can compare both folders and files, presenting differences in a visual text format that is easy to understand and handle.

    winmerge

  16. KeyDb

    Keydb is a password manager. With it you create and store strong random passwords required by many websites.

    keydb

  17. 7-Zip

    For ZIP and GZIP formats, 7-Zip provides a compression ratio that is 2-10 % better than the ratio provided by PKZip and WinZip

    7-zip

  18. Express Burn

    Express Burn lets you create and record audio or data CDs with any CDRW drive.

    express burn

  19. Recover Files

    Recover Files is an award winning program that can undelete / recover deleted files after they have been deleted.

  20. Team Talk

    TeamTalk allows you to talk to friends and colleagues using the internet as audio carrier. With TeamTalk any number of people can participate in a conversation and is only limited by the bandwidth you have available.

    teamtalk

  21. Blowfish Advanced CS

    One powerful file encryption and security tool for the Windows platform.

    blowfish_advanced

  22. TrueCrypt

    TrueCrypt is a software application used for real-time on-the-fly encryption.

    truecrypt

  23. Tomahawk PDF+

    Tomahawk PDF+ is one of the most advanced word processing/pdf creation software packages available for the Windows platform.

    tomahawk

  24. GnuCash Portable

    GnuCash Portable is the open source financial management software packaged as a portable app, so you can take your financial data with you.

    gnucash

4 Komentar pada artikel “70 Aplikasi Portable Gratis”

Anonymous said...

bagussss

Anonymous said...

it's a good artikel :)

Anonymous said...

sip infonya boz.................

Anonymous said...

Aplikasinya berguna banget, tapi sayang untuk mendownloadnya saya jadi malas karena terlalu banyak link yg harus di buka baru bisa sampai pada tombol download n klik kanan-nya disable akhirnya bikin rumit :( kenapa gak 1x Klik aja, langsung bisa download...?

Bila artikel ini bermanfaat untuk anda, silahkan berikan komentar anda...